SEDEKAH BUMI DI MASA PANDEMI COVID-19 DUKUH LEMBAH DESA PADANGAN KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI

Minggu Legi tanggal 19 Juli 2020 merupakan hari yang menyenangkan bagi seluruh elemen masyarakat yang berada di wilayah Dukuh Lembah Desa Padangan Kecamatan Winong Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah, karena hari ini bertepatan hari sedekah bumi atau sodaqoh bumi yang merupakan acara ritual rutin tahunan. Dimana biasanya setiap hari Minggu Legi di bulan Dzulqo’dah setiap tahun mesti mengadakan ritual tersebut dengan mengadakan pagelaran kesenian rakyat yang berupa sandiwara Ketoprak.

Kegiatan itu biasanya menelan biaya yang lumayan banyak yaitu kisaran Rp. 35.000.000. (tiga puluh lima juta rupiah ) yang berasal dari  iuran warga dan subsidi dari Pemerintahan Desa Padangan. Tapi lain pada hari ini tadi karena masih masa pandemi covid -19 maka kegiatan tersebut di laksanakan dengan sederhana sekali , yaitu mengikuti protokol kesehatan pandemi covid-19. Kegiatan sedekah bumi  diadakan acara kenduren   (red.kondangan) dengan menggelar  kesenian wayang kulit meskipun hanya dalan durasi 15 menit dengan 5  biji wayang saja, karena sesepuh Dukuh Lembah (Bp. Suwaji) masih memegang mitos rakyat setempat bahwa  konon ceritanya “DANYANG” leluhur Dukuh Lembah sangat menggemari wayang kulit, maka  meskipun hanya untuk syarat saja harus ada pentas wayang kulit. untuk kali ini warga tidak ditarik dana  iuran sedekah bumi melainkan biayanya disubsidi Pemerintah  Desa Padangan. Meskipun sederhana acaranya tetapi yang ikut hadir banyak sekali dari warga desa tetangga demi mendapatkan berkah nasi kenduren.

 

Dengan harapan dari masyarakat Dukuh Lembah Desa Padangan semoga sedekah bumi mereka kali ini dapat   diterima Oleh Alloh  SWT, sehingga mereka mendapatkan berkah dan manfaatnya Amien  Yaa Robbal ‘Alamin.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan